Rendezvous

Unforgettable Momment’s

Jalan-jalan ke Bintan Resort

Libur Imlek yang jatuh di hari Senin menambah panjang libur weekend adalah bonus libur yang ditunggu-tunggu hehehe. Libur kali ini saya memutuskan untuk ke Pulau Bintan. Perjalanan ke Bintan merupakan yang pertama kali bagi saya. Untungnya saya punya teman disana. Untuk menuju Bintan Resort kita harus masuk ke Batam dulu. Dari bandara internasional Hang Nadim Batam, saya naik taxi ke Port Punggur tempat penyeberangan feri ke Pulau Bintan. Perjalanan dengan taxi dari bandara ke port sekitar 30 menit. Cost untuk taxi sekitar Rp.60-70.000. Setibanya di Punggur, kita harus ambil tiket di loket, biasanya ada banyak juga calo-calo tiket yang akan menghadang kita di pintu masuk. Tiket ke P. bintan berbeda-beda harganya sesuai lokasi yang akan anda tuju dan jenis boat. Apabila anda tujuannya ke Bintan Resort, anda harus naik feri yang ke Tanjung Uban atau ke Bandar Bentan Telani. Bandar Bentan Telani Ferry Terminal merupakan terminal feri yang ada tepat di dalam kawasan resort, dan merupakan terminal internasional karena penumpang dari  Singapura ke Bintan Resort ataupun sebaliknya pasti melalui terminal ini. Terminal feri di Tanjung Uban adalah terminal lokal. Tanjung Uban adalah sebuah kecamatan yang ada di Bintan. Apabila musim ombak dan angin yang oleh orang-orang resort disebut ‘monsun’, dimana gelombang air laut cukup tinggi, penyeberangan feri dari Punggur ke Bandar Bentan Telani ditutup dan semua penumpang yang dari Batam ke Bintan Resort dialihkan penyeberangannya ke Tanjung Uban. Ketika saya kesana sedang musim badai. Ombak sedang tinggi, angin bertiup kencang. Kapal cepat yang saya tumpangi rasa-rasanya akan terbalik, mungkin karena saya sangat takut berada di lautan dan tidak punya kepandaian sama sekali dengan ilmu dan keterampilan berenang. Penyeberangan dari Punggur ke Tanjung Uban sekitar 30 menit dengan kapal cepat. Waktunya agak lebih panjang 10 menit dibandingkan menyeberang langsung ke Terminal Bandar Telani. Harga tiket menyeberang ke Tanjung Uban adalah Rp. 30,000 dan Pas Masuk Rp. 5,000. Tanjung Uban ke Bintan Resort menggunakan mobil ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam. Sepertinya tidak ada ‘angkot’ menuju ke sana. Anda harus memesan mobil atau naik ojek ke sana. Saya sarankan apabila anda hendak berlibur ke Bintan Resort sebaiknya menggunakan jasa perjalanan yang disediakan oleh resort-resort yang ada disana agar memudahkan anda, ataupun anda bisa mencari kenalan orang yang bekerja di sana untuk membantu anda masuk ke resort. Saya beruntung karena mempunyai teman yang bekerja disana sehingga perjalanan dan liburannya bisa cukup nyaman.

Saya sangat terkesan dengan suasana di Bintan Resort. Indah, asri, alami, hijau, dan tenang. Pemandangan yang sangat indah dengan aroma segar pulau yang seakan-akan berada di ujung dunia, terasing tapi modern, cantik tapi bersahaja. Bintan Resort jelas mengusung konsep ‘natural’. Membiarkan kesan hutan tropis berpadu dengan pantai berpasir putih menjadi daya tarik utama kawasan ini. Terdapat sekitar 3 resort besar dengan sepuluh hotel di kawasan Bintan Resort. Resort yang lumayan besar diantaranya: Nirwana Gardens, Club Med, dan Banyan Tree. Di tempat inilah terdapat arena golf yang dimaklumatkan sebagai ‘one of the best in the world’. Tahun 2007 disebutkan merupakan arena golf kedua terbaik di dunia. Saya sempat mengunjungi dan mengelilingi arena golf ini, dan memang benar-benar indah. Konturnya mulai dari pantai hingga ke perbukitan. Tee off-nya didesain oleh beberapa pe-golf ternama seperti: Garry Player, Jack Nicklaus, Greg Norman dan Ian Baker-Finch. Perfect!

Di Bintan Resort ini ditawarkan berbagai sarana yang akan melengkapi sempurnanya liburan anda. Hotel dan penginapan tinggal dipilih sesuai selera dan budget anda. Bagi mereka yang menyukai penginapan murah dan bisa untuk ber-berapa orang sekaligus, misalanya membawa keluarga, tersedia ‘budgeted hotel’ berupa lodge bertingkat. Harganya jika dirupiahkan sekitar 300 ribu/lodge. Terdapat 2 kamar tidur, 1 dapur lengkap kulkas, dan kamar mandi modern. Sofa serta TV tersedia di ruang tamu. Lokasi ini agak jauh dari pantai tetapi dekat dengan “Pasar Oleh-Oleh”. Tersedia shuttle bus yang gratis di beberapa lokasi strategis seperti di: terminal, pasar oleh-oleh, puja sera, dan resort2. Shuttle bus in beputar setiap 1 jam sampai dengan tengah malam.  Pasar Oleh-Oleh adalah kawasan pusat belanja serta makan. Desain tempatnya sangat menarik dan artistik. Bagi anda yang ingin memanjakan diri denga spa aromateraphy dengan harga terjangkau, anda bisa mencoba di lokasi ini, yaitu Aroma Day Spa harganya bisa hanya sekitar 30 SGD. Jangan lupa untuk mencoba menu makanan di “Warung Bumbu” yang ada di Pasar Oleh-oleh. Rasanya tidak akan mengecewakan anda.  Iga goreng adalah favorit saya disitu.

Standard kebersihan di setiap tempat termasuk di restoran sangat terjamin. Rata-rata grade B. Standardnya menggunakan standard Singapura, maklum yang menjadi target penjualan wisata di bintan reseort ini adalah turis Singapura dan Malaysia. Kantor-kantor pemasaran kawasan inipun hampir semuanya berada di Singapura. Jarak Singapura ke Bintan Resort dengan ferry hanya 1 jam saja. Hampir semua transaksi yang ada di kawasan wisata ini menggunakan dollar singapura, meskipun kita bisa membayar dengan rupiah juga. Ketika saya berkunjung ke sana, hampir tidak ditemukan wisatawan asal Indonesia, kecuali karyawan-karyawan resort/hotel. Sedikit sekali orang Indonesia yang berlibur ke sana, mungkin karena lokasi yang jauh sehingga banyak yang lebih senang berkunjung ke Bali daripada ke Bintan. Menurut beberapa karyawan disana, beberapa menteri dan pengusaha terkenal asal Indonesia beberapa kali mereka lihat berkunjung ke sana.

Oh ya, apabila anda ke sana jangan menampik kesempatan untuk ikut serta dalam tour-tour yang ditawarkan. Saya sempat ikut 2 tour yaitu Mangrove tour dan fireflies tour. Keduanya mirip, lokasi tournya sama, juga sama-sama menggunakan perahu motor dalam tour. Hanya saja waktunya berbeda, kalau Mangrove tour waktunya siang, sedangkan fireflies tour dilakukan malam hari sekitar pukul 7.30 WIB. Lama tournya adalah satu setengah jam. Bahasa yang ditawarkan dalam tour adalah bahasa Inggris, Jepang dan Mandarin. Mungkin kalau banyak orang Indonesia atau melayu yang kesana maka akan ada pilihan bahasa Indonesia/melayu. LOL. Ikut serta dalam tour ini sangat berkesan, benar-benar pengalaman yang unik. Banyak turis yang menggemari tour ini, anda harus booking satu hari sebelumnya untuk ikut dalam tour dengan biaya sekitar 30 SGD/orang untuk sekali tour.

Apabila anda senang berkuda anda bisa mencoba di stable mini yang ada di Nirwana Gardens. Lokasi stabel cukup indah karena ada pemandangan pantai. Dekat stable ada archery bagi anda yang hobi memanah, serta lokasi atraksi gajah. Masih di Nirwana Gardens, anda bisa berenang di kolam renang yang mewah yang ada di dekat pantai. Sambil berenang anda bisa memuaskan mata memandang lautan yang diiringi suara deburan ombak. Banyak hal yang bisa anda lakukan disana, yang hobi trekking tersedia sarana trekking, all terrain vehicle, sepeda gunung, jet ski,  mau surfing juga ada. Sekedar bulan madu juga bisa. Hampir semua resort mempunyai wedding and honeymoon planner. Menarik.

Oh ya, apabila anda keluar dari kawasan wisata, anda bisa jalan-jalan ke Tanjung Pinang. Sekitar 1 jam waktu bermobil dari Bintan Resort ke Tanjung Pinang Disini anda bisa mencoba ragam makanan dengan harga lokal. Pecinan adalah tempat yang pas. Sayang pecinan lagi sepi berhubung imlek. Dari Pangkal Pinang hanya 5 menit menyeberang dengan perahu ke Pulau Penyengat yang terkenal dengan makam raja-raja Melayu. Disinilah asal muasal diciptakannya ‘Gurindam’ salah satu yang terkenal adalah Gurindam 12. Gurindam adalah seni tulis yang isinya nasihat-nasihat hidup. Dari Tanjung Pinang juga anda bisa ke Pulau Senggarang yang terkenal dengan kuil buddha yang berumur ratusan tahun.

Perjalanan saya ke Pulau Bintan berakhir di Tanjung Pinang, setealah sebelumnya menyempatkan diri melihat ke Pulau Penyengat. Sayang waktunya tidak mencukupi untuk ke Pulau Senggarang. Di Tanjung Pinang saya sempat makan di RM Padang bernama ‘Sederhana’ yang letaknya pas di depan laut. Tempat makannya lumayan bersih dan modern, berbeda dengan restoran padang pada umumnya yang masih bergaya klasik. Menu dan cara melayani masih khas rumah makan padang. Interiornya saja yang membedakan.

Dari Tanjung Pinang saya naik feri ke Batam. Saya sarankan untuk mengambil jenis feri yang besar, harganya tiketnya sekitar 45 ribu. Waktu itu saya naik feri yang bernama ‘Mutiara Mas’. Sangat nyaman. Kursinya bagus, ruangannya bersih, dan ada fasilitas dua TV layar datar ukuran besar yang menempel pada dinding depan. ruangannya pun ber-AC. Satu jam perjalanan dari Tanjung Pinang ke Batam tak terasa karena suasana nyaman yang membuat saya terlelap selama perjalanan pulang.

Have a nice trip at Bintan Resort..!

January 31, 2009 - Posted by | Uncategorized

22 Comments »

  1. Hai.. seneng banget pas baca blog km ttg Bintan. Berhubung ada rencana mau kesana jadi lagi tanya2 nih. Boleh tanya soal Budget Hotel, apakah aman dan nyaman kalo mau ke resort nya.Berapa lama perjalanan dari budget hotel ke resort? Kira2 kalo ada 5 org yang pergi apakan akan nyaman kalo pake budget hotel?

    Kalo misal rencana pergi ke sana 2 hari 1 mlm, saran untuk permainan atau tempat yang enak untuk dikunjungi apa saja? Misalnya pagi ngapain..trs makan siang dimn,trs sore kemana.
    Oh yeah ak berencana ke Bintan dengan teman2 internasional ak dari Philippine, Vietnam, Malaysia, dan Singapura.

    Tolong kasi ide dan saran donk. Makasi banyak^^

    Comment by Fenny | June 11, 2009

  2. iya nih.. penasaran bgt baca commentnya ttg bintan.. aku rencana mo kesitu waktu libur lebaran tar.. ni lagi rencanain ma keluarga. mungkin sekitar 7 orang yg ikut.. minta infonya donk.. thanks..

    Comment by lya | July 9, 2009

  3. @ fenny :kebetulan gue sekarang ini lagi training di bintan resort…khususnya BRC yang mengelola mangrove tournya..
    sekedar untuk meralat aja nih bahwa harga tiket untuk magrove biayanya sebesar S$38. berlaku untuk mangrove day tour dan fireflies nya =)
    daerah lagoi ini sangat menjaga keamanan wilayah resort.
    budget yang perlu di persiapkan untuk penginapan yang termurah sekitar S$108 sd US$1.400
    untuk makan siang bisa mencoba di are pasar oleh – oleh atau kampung lagoi. (pembayaran lebih murah menggunakan sing dollar).
    silakan kirim email ke tourism_mgt@yahoo.com untuk info lebih jelasnya.trims

    Comment by poetri | September 7, 2009

  4. makasi atas komentarnya tentang ferry ‘mutiara mas’. Saya selaku agen penjualan tiket merasa tersanjung akan hal tersebut.

    Comment by wandi | July 12, 2010

  5. saya pernah menginap di Nirwana Gardens, fasilitasnya oke banget, abis gitu pantainya indah banget, ga kalah ama Bali, Indonesia memang indah :), aku cinta Indonesia 🙂

    Comment by bintan resort | July 17, 2010

  6. Terima kasih utk infonya.
    Kira2 perlu brp hari utk bisa menikati Bintan? Saya rencana berlibur ke sana dari Jkt dgn budget yg pas2an 🙂
    Atau kalau boleh saya minta e-mail address kamu agar bisa tanay2 lbh banyak…

    Comment by Linda | September 6, 2010

  7. Wah sounds like a lot of fun girls.
    Preparing holiday december there. small fam with 1 kid
    any suggestion, resort, place to stay, how to get there
    and price estimation are absolutely welcome.

    Comment by Halim Gunawan | September 29, 2010

  8. liburan yang menyenangkan, kok ga ada fotonya sih? kayaknya seru deh

    Comment by bali villas for rent | October 11, 2010

  9. Asyik jg ya wisata ke Bintan, btw skrg sy lg OTW ke Bintan utk kali pertama. Trmksh ya atas referensi tempat makan & wisatanya. Kalau oleh2 khas Bintan apa ya ?

    Comment by Uq | March 15, 2011

  10. met liburan yaa semuanya.. maaf yaa buat semuanya karena gak bisa di-reply langsung.. account email dan blog ini sempat tidak bisa diakses untuk jangka waktu yg lama..

    Comment by sherly | March 16, 2011

  11. trimakasih telah mengabarkan indahnya Bintan. Kebetulan saya tinggal di Tanjung Uban, Bintan, dan saya rasa masih banyak yang perlu dibenahi terkait pariwisata Bintan, termasuk attitude dan budaya pariwisata yang masih jauh dibandingkan dengan Bali terutama di tempat ketibaan pertama di Tanjung Uban.
    sekedar info, jika ada yang berkenan info pemesanan kendaraan ( new avanza atau innova ) silahkan hubungi saya di email ps_sukanto@yahoo.com.
    trims.

    Comment by sukanto | April 1, 2012

  12. hai…seneng bacanya..memang indah, natural, bersih,cantik,segar,dan itu juga yang membuat saya bersyukur dan tak terasa sudah lebih dari 1 dasawarsa saya bekerja di Bintan Resorts ini.. disetiap pagi hari, masih terasa betapa segarnya udara, dan bahkan masih saja saya bertemu monyet monyet liar yang ada di sepanjang jalan menuju BBT.

    Comment by mutiara | May 13, 2012

  13. Wah kaya’y asik klo liburan disana. Coba kalo kerja disana, saya udah 7 bulan kerja di bintan. Ya berbeda sekali dengan kebiasaan ya yg hidup di kota besar. Soal cost pasti lebih mahal di banding di kota2 lainya. Tapi kelebihannya sangat banyak. Sepi, alami dan bersih. Karna jarang wisatawan yg datang. Apalagi wisatawan indo. Kebanyakan yg datang dari singapura, malaysia, thailand, china, rusia, belanda, inggris, jepang, korea dll. makanan khas bintan yaitu otak2 bintan, gong gong (Semacan Kerang2an), yg jelas seafood. Cost di pulau ini sangat mahal. Mungkin yg buat liburan bawa duit sekitar 5jtan per orang. Ya ongkos pesawat aja udah berapa hehhe.

    Comment by azhar | May 17, 2013

  14. jadu pengen ke pulau bintan.. kebetulan mo ke batam lebaran nanti skalian mampir kesini ah.. tp lg nyari2 penginapan/resort/tour yg bagus n terjangkau ni

    Comment by putri | May 29, 2013

  15. Wow sepertinya seru menikmati indahnya pantai,buat refreshing dari kepenatan jakarta.

    Comment by diwi | July 14, 2013

  16. boleh tahu nama lodge nya apa ya?yg 300rb itu?thx mba

    Comment by neyney | August 28, 2013

  17. asik… kapan2 aku juga ingin prgi k sana

    Comment by irman | October 19, 2013

  18. klo dari jakarta pengen liburan 3hr disana kira2 brp yah bajetnya pp…?

    Comment by widy | November 13, 2013

  19. bintan memeng bagus bnget n brsih jg nyaman….

    Comment by ida | January 22, 2014

  20. tempat paling bgs untuk rilex ya pastinya di bintan…:-p:-)

    Comment by cherlynchen | June 26, 2014

  21. so many people visit bintan for rilex… if for less spending, becoz so expensive…. just info
    27 juli i want visit bintan.. but my time not enough…so bored

    Comment by cherlynchen | June 26, 2014

  22. Nice banget postingan nya .. mantapp..

    Halo semua..
    Perkenalkan nama saya rahmat, saya tinggal di bintan..
    Bagi teman2 yg ingin bertanya2 ttg bintan silahkan aja via wa/call 085375209456 saya siap membantu..
    Dan jgn lupa gabung di grup backpacker bintan ya..

    https://m.facebook.com/groups/1157047187762303

    Terima kasih

    Comment by rahmat | November 24, 2017


Leave a comment